Kamis, 27 Juni 2013

Cara mudah Print Screen pada Komputer Windows

Sering kita kebingungan saat kita menemukan hal yang menarik di layar komputer untuk kita abadikan. Sehingga kita menggunakan software peng-capture screen untuk melakukan capture screen yang saat ini banyak beredar baik secara gratis maupun berbayar. Padahal dari computer kita sendiri sudah menyediakan fasilitas capture screen. Pasti banyak yang belum mengetahuinya kan? Mari kita bahas cara - caranya berikut.
  1. Amati keyboard Anda
 Disana terdapat banyak tombol. Namun kita hanya akan menggunakan 2 buah tombol.
 
     2.  Tekan tombol Alt dan Print Screen yang ditunjukan gambar berikut
Tekan secara bersamaan pada bagian layar yang Anda capture

     3. Dimana hasil capture diletakkan?  Kita harus meng-copy-nya terlebih dahulu. Kita dapat melakukannya pada Microsof Word maupun pada Paint. Pada Paint 2010 kita dapat melakukannya dengan menekan tombol Paste pada ribbon tab home.
atau pada Microsoft Word kita hanya perlu meng-klik kanan pada mouse kita lalu klik Paste atau klik Paste pada ribbon tab home.

Cara diatas adalah cara screen capture untuk sebagian layar yang aktif saja. Lalu bagaimana untuk mengambil seluruh layar pada computer? Kita hanya perlu menekan tombol Print screen tanpa disertai tombol Alt. Selanjutnya kita melakukan cara yang sama seperti cara - cara diatas.

Namun seperti dikutip dari http://windows.microsoft.com/en-id/windows-vista/take-a-screen-capture-print-screen, beberapa perangkat yang tidak memiliki tombol Print screen/ Prt Sc SysRq, dsb. dapat melakukan screen capture dengan beberapa kombinasi tombol seperti FN+INSERT, dan sebagainya.

Cara - cara diatas dikutip dari http://karodalnet.blogspot.com/2011/09/cara-print-screen-di-laptop-dan.html dan http://windows.microsoft.com/en-id/windows-vista/take-a-screen-capture-print-screen dengan perubahan seperlunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar